Monday, March 23, 2009

Rujak Cingur Delta Plaza Surabaya

Rujak Cingur, Tahu Campur dan Tahu Telur di Rujak Cingur Delta Plaza
oleh Destina Kawanti


Kesempatan ini adalah pada saat ngantar kakakku hanimun di surabaya beberapa waktu lalu, berhubung mereka belum pernah makan makanan khas Surabaya pilihanku adalah mengajaknya ke Rujak Cingur Delta Plaza, ada dua pilihan tempat yaitu di Delta Plaza , dan satu lagi di Kayoon di depan Pom Bensin Kayoon. Karena memang ngga ada acara jalan-jalana di Mall kami memilih makan di depan Pom Bensin Kayoon. Disini tersedia berbagai macam menu khas Jawa Timur. Termasuk Rawon, rujak cingur, tahu campur, tahu tek, lontong cap gomeh , tahu telur dsb. Pilihan kami bertiga adalah Rujak Cingur, Tahu Telur dan Tahu Campur. Rata-rata masakan di tempat ini cukup enak, walaupun sedikit asin menurut ukuranku, tapi cukup enak dibandingkan tempat-tempat lain.

Rujak Cingur
Seperti rujak pada umumnya contain dari masakan ini memang menggunakan buah dalam porsinya. Yang membedakan dengan rujak yang lain adalah bumbu dan tambahan sayurnya.
Buah yang digunakan biasanya adalah mangga, bengkoang, nanas dan timun. Sayurannya adalah kecambah dan kangngkung yang telah direbus sebelumnya
Seperti khasnya masakan Jawa Timur pada umumnya menggunakan petis dalam bumbunya demikian juga dengan rujak cingur ini. Bumbunya terdiri dari cabe, kacang tanah sangrai, bawang, gula merah, air asam, dan tentu saja petis udang yang hitam warnanya. Ini lah yang menjadi khas dari bumbu ini.
Setelah bumbu siap diulek maka sayuran dan buah dicampurkan dan sebagi pelengkap utama adalah irisan cingur (hidung) sapi yang telah direbus empuk.




Tahu Campur
Masakan ini semacam soto, yang didalamnya isinya adalah Mie kuning, daun slada hijau, tahu diiris , semacam perkedel dari singkong yang diiris tipis dan daging otot yang rasanya mirip-mirip sama kikil, sedikit kenyal tapi empuk. Kuahnya seperti kuah soto tetapi ditambahkan bumbu petis didalamnya, enak dihidangkan panas.



Tahu Telor
Makanan ini , bumbunya seperti bumbu gado2, hanya saja ada tambahan petis didalamnya, tahu dan telur dicampur kemudian di goreng seperti dadar,dihidangkan dengan lontong kemudian di tambahkan kecambah dan bumbu didalamnya akan semakin nikmat bila dinikmati ditemani kerupuk.

No comments:

Post a Comment