Monday, March 2, 2009

Sop Buah Masjid Agung Surabaya

Sop Buah Masjid Agung Surabaya
oleh Destina Kawanti

Masjid agung selain sebagai tujuan wisata religi di Surabaya, juga merupakan wisata kuliner. Dengan catatan harus bias menjaga kesopanan berada disekitar lingkungan Masjid terbesar di Surabaya ini. Menjelang sore hari disekitar masjid banyak pedangang kaki lima dengan berbagai macam menu. Pedagang Kakl lima di sekitar masjid berada di dua sudut MAsjid. Yang pertama ada di depan, di sisi timur di tepi jalan di luar pagar halaman masjid , pada umumnya berupa makanan utama ( main dishes) seperti bebek goring, tempe penyet (akan di bahas kemudian). Sedangkan di sisi utara biasanya berupa makanan ringan seperti juice, mie ayam dan sebagainya.



Kali ini saya akan bercerita tentang Sop Buah, satu-satunya sop buah yang saya nilai paling enak segar dan unforgetable rasanya. Selain tampilannya yang menarik juga jenis buahnya yang sangat beragam. Sob buah disebut demikian saya kurang tahu pasti sejarahnya, hanya saja memang mirip dengan es buah pada umumnya , hanya jenis buah yang disertakan memang cukup banyak bisa lebih dari 10 jenis buah tergantung musim.

Sop buah terdiri dari beberapa jenis buah segar dan kaleng yang dipotong2 dengan disajikan syrup dan es batu yang telah dihaluskan. 

Biasanya Buah-buahan terdiri dari :

Apel 
Melon 
Pir 
Semangka 
Strawberry 
Anggur 
Lecy 
Nangka 
Apukat 
Sirsat 
Mangga ( saat musim) 
Jeruk kaleng 
Rambutan ( saat musim) 
Selasih 

Kuah terdiri dari air gula, syrup leci dan air jeruk ditambah susus kreamer.

Mengenai lokasi tepatnya berada di sebelah utara masjid agung bersebelahan dengan Lontong Kikil sepanjang. Buat yang penasaran boleh dicoba.




No comments:

Post a Comment