Sunday, March 15, 2009

Soto Kudus Depan UIN Jogja

Soto Kudus Depan UIN Jogja
oleh Destina Kawanti

Soto adalah salah satu makanan Favoritku, pokoknya whatever soto. Soto Banjar, Soto Sulung, Soto Sapi, Soto Lamongan apapun yang disebut soto pokoknya pantas di coba. Salah satunya adalah soto kudus, kesempatan di Jogja selama beberapa hari ini kusempatkan menikmati soto kudus. Lokasi di depan UIN Jogja Jalan Solo. Menu utama Soto Kudus dan Nasi Pindang. Soto kudus berkuah bening, dengan contain kecambah, dan ayam suir dan yang paling menonjol adalah rasa bawang dalam taburan bawang gorengnya yang membuat rasa soto kudus ini sangat khas.

Disajikan dalam mangkuk kecil yang “nanggung” karena makan satu porsi akan terasa kurang tetapi kalau nambah satu porsi lagi rasanya terlalu kenyang. Sebagai alternative yaitu dengan pemesanan dalam porsi terpisah antara nasi dan sotonya. Dalam menu terpisah rasanya pas untuk mengisi perut saat lapar.

Selain Soto ada Nasi PIndang berisi nasi dan daging sapi berkuah , kuahnya coklat rasanya mirip rawon tetapi lebih bening, disajikan dalam piring beralaskan daun pisang, aroma daun pisang ini akan member nuansa yang lain karena daun pisang terkena panasnya kuah akan memberikan aroma tersendiri. Selain itu sebagai menu additional ada perkedel kentang sate kerang dan sate telur puyuh, terkadang ada sate jerohan dan usus. 






No comments:

Post a Comment