Friday, April 10, 2009

Menikmati Tongseng dan Sate Jamur di Jejamuran

Menikmati Tongseng dan Sate Jamur di Jejamuran


Jejamuran Resto - Miron, Pandowoharjo, Sleman, Jogja


Selasa 24 Maret 2009, jam 17.30, saya dan istri singgah di Jejamuran Resto dalam perjalanan pulang dari kampus UGM ke rumah Turi. Jejamuran Resto adalah Resto yang khusus menyediakan makanan yang berbahan utama jamur. Resto ini terletak di Miron, Pandowoharjo, Sleman, Jogja, kira-kira 800 meter dari perempatan Beran [Jln Magelang] ke arah Utara. Jejamuran di miliki oleh Bapak Ratudjo  dan dikelola bersama istrinya.


Kami segera memesan menu untuk makan sore menjelang malam kami, yaitu tongseng jamur, sate jamur dan dadar shitake untuk lauknya, sedangkan minumannya wedang jejamuran dan honey lime tea.


sate-jamur
Sate Jamur


tongseng-jamur
Tongseng Jamur



dadar-shitake
Dadar Shitake


wedang-jejamuran
Wedang Jejamuran


Tidak berapa lama kemudian, pesanan kami datang, dan kami pun sempat mengambil foto-fotonya seperti gambar di atas, setelah itu kami pun segera menyantapnya. Meskipun berbahan jamur, rasa sate dan tongsengnya nyamleng tenan, tidak berbeda jauh dengan sate dan tongseng yang berbahan daging citarasanya.


menikmati
Menikmati

Selesai makan, kami membayar di kasir, untuk menu malam itu berdua kami menghabiskan 51 ribu, tidak terlalu mahal untuk makanan yang berkualitas dan bercitarasa nyamleng seperti yang kami santap malam itu. Tempat makan yang bersih, variasi jenis makanan, rasa dan bahannya yang khas serta suasana yang nyaman di pedesaan, membuat resto ini layak untuk dijadikan salah satu tempat kuliner di Jogja, apalagi oleh orang yang menghindari kolesterol.

Referensi Mengenai Jejamuran:
1. Petualangan Kuliner Jamur di Jejamuran
2. Catatan JS-er: Restoran Jejamuran - Bukan Jamuran Lho!

Resep Tongseng Jamur
Sumber: Kedaulatan Rakyat Online

Bahan dan bumbu tongseng jamur ini tergolong sederhana. Yakni hanya bawang merah, cabe rawit, tomat dan kuah gula santan ditambah kubis serta jamur tiram dan jamur merang.
Prosesnya pun juga cukup mudah.
Pertama, irisan bawang merah, cabe rawit dan tomat ditumis hingga layu. Kemudian, irisan jamur tiram dan merang serta kubis dimasukkan. Setelah cukup matang, baru ditambahkan kuah santan gulai dan kecap sebagai penambah rasa.

No comments:

Post a Comment