Saturday, June 14, 2008

Kepiting Kenari - Balikpapan

Jum’at malam, 6 Juni 2008, akhirnya saya mendapat kesempatan untuk menikmati kepiting di Kenari Crab Balikpapan. Kesempatan itu saya peroleh pada makan malam penutup acara field trip di Sungai Mahakan dan cekungan Kutai. Sebelumnya saya pernah mendengar tentang kehebatan menu kepiting dari Kenari Crab yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Balikpapan.

Jam delapan kurang seperempat, kami berangkat dari Le Grandeur dengan menggunakan bus, dan sampai di Kenari Crab tidak berapa lama kemudian. Menu kepiting sudah tersedia di atas meja, karena GDA - event organizer field trip- sudah mereservekan untuk kami. Dari yang saya dengar sebelumnya , menu favorit di tempat ini adalah kepiting lada hitam. Kami kemudian mulai menikmati sajian kepiting yang ada, kepiting lada hitam, kepiting asam manis, kepiting goreng, kepiting saus tiram dsb. Perpaduan rasa lapar dan rasa masakan kepiting yang memang spesial, membuat saya lahap menyantapnya, salah satu menu kepiting terenak yang pernah saya nikmati.


Kepiting Lada Hitam
Kepiting Lada Hitam


Kepiting Saus Tiram

Kepiting Goreng
Kepiting Goreng


Saya mencoba semua menu kepiting yang ada, dan memutuskan kalau kepiting asam manis dan kepiting gorengnya yang paling enak, mengalahkan kepiting lada hitam yang sebelumnya menjadi favorit. Karena itu, ketika seusai makan pada memesan untuk dibawa pulang keesokan harinya, saya pesan 1 porsi kepiting goreng dan satu porsi kepiting asam manis. Pesanan itu, yang asam manis akan saya jadikan oleh-oleh untuk di rumah Klaten, dan yang goreng untuk oleh-oleh anak saya.


Steve and Fahmi


Menikmati Kepiting Kenari


Usai Menikmati


Harga seporsi kepiting di sini, 105 ribu untuk yang tidak bertelur, dan 130 ribu untuk yang kepitingnya ada telurnya. Harga yang sepadan dengan kualitas, rasa dan porsinya, sehingga memang pantas untuk dijadikan salah satu tempat makan favorit yang wajib dikunjungi kalau ke Balikpapan.

Jam 9, acara makan malam selesai dan kamipun kembali ke hotel. Salah satu makan malam spesial yang pernah saya alami, dan mudah-mudahan suatu saat bisa menikmati lagi.

No comments:

Post a Comment