Sunday, November 4, 2007

Menikmati Ikan Segar di Pantai Depok - Parangtritis

Pantai depok, terletak di pantai selatan Bantul, merupakan salah satu tempat alternatif untuk wisata kuliner dengan menu spesial masakan ikan segar. Pantai depok mulai berkembang tahun 1997, ketika beberapa nelayan asal Cilacap menemukan tempat pendaratan ikan, yang kemudian memotivasi warga setempat untuk ikut menangkap ikan.

Kami sekeluarga sempat berkunjung ke tempat ini pada tanggal 3 November 2006. Berangkat dari rumah sehabis maghrib, menggunakan 2 mobil kijang dan sampai di Pantai Depok sekitar jam 7 malam.

Penjual Ikan
Penjual Ikan

Meskipun sudah agak malam, masih ada beberapa Ibu-ibu yang menjual ikan segar. Bermacam-macam jenis ikan yang ditawarkan, ada juga kerang, udang dan cumi-cumi.


Memilih Ikan
Memilih Ikan


Kami kemudian memilih ikan, udang dan cumi-cumi. Sempat tawar menawar harga sebentar, dan ikan-ikan yang kami pesanpun kemudian di timbang. Kami kemudian meminta ikan-ikan itu untuk di masak dengan bumbu asam manis dan goreng kering.


Makan Kelapa Muda
Makan Kelapa Muda


Sambil menunggu pesanan masak, kami jalan-jalan di pantai, beberapa orang juga memesan minuman. Afa, yang masih kecil tidak boleh terkena banyak angin malam, akhirnya dia asyik menikmati kelapa muda.


Makan
Makan


Ketika makanan sudah siap, kemudian dihidangkan ke meja kami, dan kamipun makan bersama-sama, lesehan. Udara dingin dan rasa lapar, membuat makanan itu terasa nikmat.


Makan 2
Makan2


Makan Bersama


Setelah selesai makan, kami pun pulang kembali ke rumah, namun tidak lupa kami membayar minuman,  harga ikan, dan upah memasaknya.


Rasa yang enak, suasana yang nyaman, variasi pilihan yang beragam dan harga yang tidak mahal, membuat Pantai depok ini layak untuk dikunjungi, dan menjadi salah satu alternatif untuk berwisata kuliner di selatan Jogja. Mudah-mudahan suatu saat kami bisa menikmati kembali masakan ikan laut segar di pantai ini.

No comments:

Post a Comment